RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Nama Sekolah
: SMP Ma'arif Pembangunan Piyungan
Mata
Pelajaran : ASWAJA
Kelas /
Semester : VII ( Tujuh ) / Ganjil
Alokasi
Waktu : 2 x 40
menit (2xpertemuan)
Standar Kompetensi
- Mengenal Pondok Pesantren sebagai cikal bakal berdirinya NU
Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan jati diri Pondok
Pesantren.
Mendiskripsikan hubungan NU dengan
Pondok Pesantren.
Indikator
- Mendiskripsikan pengertian Pondok Pesantren.
- Menceritakan sejarah Pondok Pesantren.
- Menunjukkan pola kepemimpinan Pondok Pesantren.
- Menyebutkan faham keagamaan yang diajarkan di Pondok Pesantren
- Menunjukkan hubungan NU dengan Pondok Pesantren.
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
- Menjelaskan pengertian pondok pesantren
- Menyebutkan unsur- unsur pokok pondok pesantren.
- Menjelaskan sejarah berdirinya pondok pesantren.
- Menjelaskan pola kepemimpinan pondok pesantren.
- Menjelaskan faham keagamaan yang diajarkan di pondok pesantren.
- Menjelaskan hubungan antara NU dengan Pondok Pesantren.
B. Materi Pembelajaran
Pondok Pesantren
C. Metode
Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
-
Penugasan
D. Langkah-langkah
kegiatan
Pertemuan 1
1.
Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan
berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan Apersepsi :
-
Memberikan pertanyaan-pertanyaan
singkat untuk mengatarkan ke materi pokok dan untuk menggali pengalaman awal
siswa,
1.
Pernakah anak-anak mondok ?
2.
Coba anak-anak sampaikan bagaimana
kegiatan di pondok pesantren ?
2.
Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
§ Siswa
membaca buku untuk menggali informasi tentang pengertian pondok pesantren,
unsur-unsur pondok pesantren.
§ Guru
menjelaskan secara singkat tentang pengertian pondok pesantren, dan unsur-unsur
pondok pesantren.
b.
ELABORASI
§ Siswa
bertanya tentang hal-hal yang belum jelas atau yang belum dimengerti.
§ Guru
memberikan cerita latar belakang berdirinya suatu pondok pesantren untuk
memperdalam dan memperluas pemahaman siswa , seperti tentang sejarah berdirinya
pondok pesantren di Indonesia.
c.
KONFIRMASI
§ Guru
bertanya pada siswa tentang minat untuk belajar di pondok pesantren
§ Siswa
diajak berdiskusi bersama tentang peran pondok pesantren dalam
pengembangan ajaran Islam di Indonesia.
§ Siswa
mencatat hal-hal penting yang terkait dengan sejarah pondok pesantren.
3.
Kegiatan Penutup
~ Guru memberikan pertanyaan untuk
mengukur pemahaman siswa
~ Guru memberikan motivasi pada
siswa untuk belajar dirumah
~ Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan
berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan Apersepsi :
-
Memberikan pertanyaan yang terkait
dengan pertemuan kemarin, tentang pengertian pondok pesantren dan unsur-unsur
pondok pesantren.
-
Menyampaikan pada siswa tentang
kompetensi dasar yang akan dipelajari.
2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§ Siswa
membaca buku untuk menggali informasi tentang sejarah berdirinya pondok
pesantren di Indonesia.
§ Guru
menjelaskan secara singkat tentang sejarah berdirinya pondok pesantren di
Indonesia.
b.
ELABORASI
§ Siswa
menggali informasi tentang sejarah pondok pesantren, tokoh perintis
berdirinya pondok pesantren dan latar belakang berdirinya pondok pesantren.
§ Guru
membantu siswa untuk mengidentifikasi sejarah berdirinya pondok pesantren.
§ Beberapa
siswa menyampaikan hasil identifikasi dan siswa yang lain menanggapinya.
c.
KONFIRMASI
§ Siswa
dengan dibantu guru menyimpulkan tentang tokoh perintis berdirinya pondok
pesantren, latar belakang berdirinya dan perjalanan sejarahnya dari masa ke
masa.
3. Kegiatan Penutup
~ Guru memberi penegasan
tentang sejarah berdirinya pondok pesantren dari masa ke masa.
~ Guru memberi informasi tentang
pertemuan yang akan datang adalah diskusi tentang hubungan hubungan antara NU
dengan pondok pesantren dan mengingatkan siswa untuk mempelajari dirumah.
Pertemuan 3
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan
berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan Apersepsi :
-
Memberikan pertanyaan-pertanyaan
yang terkait dengan pertemuan kemarin, apa yang di maksud pondok pesntren?,
siapa tokoh pendiri pertama pondok pesantren? Dll.
-
Memberikan pertanyaan untuk menggali
pengalaman siswa tentang kompetensi dasar yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§ Siswa
membaca buku untuk menggali informasi tentang pola kepemimpinan di pondok
pesantren dan faham keagamaan yang diajarkan dipondok pesantren
§ Guru
menjelaskan secara singkat tentang pola kepemimpinan di pondok pesantren dan
faham keagamaan yang diajarkan dipondok pesantren
b. ELABORASI
§ Siswa
menggali informasi tentang fungsi dan peran Kyai pada pondok pesantren.
§ Guru
membantu siswa untuk mengidentifikasi faham-faham keagamaan yang diajarkan
dipondok pesantren.
§ Beberapa
siswa menyampaikan hasil identifikasi dan siswa yang lain menanggapinya.
c. KONFIRMASI
§ Siswa
dengan dibantu guru menyimpulkan tentang peran Kyai pada pondok pesantren dan
faham-faham keagamaan yang diajarkan di pondok pesantren.
3.
Kegiatan Penutup
~ Guru memberi penegasan tentang peran
kyai pada pondok pesantren dan faham-faham keagamaan yang diajarkan di Pondok
Pesantren.
~ Guru memberi informasi tentang
pertemuan yang akan datang adalah diskusi tentang hubungan hubungan antara NU
dengan pondok pesantren dan mengingatkan siswa untuk mempelajari dirumah.
Pertemuan 4
1.
Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan
berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Membentuk siswa menjadi delapan
kelompok untuk berdiskusi.
2.
Kegiatan Inti
a.
EKSPLORASI
§ Setiap kelompok
berdiskusi tentang hubungan NU dengan podok pesantren
§ Guru
membimbing siswa dalam berdiskusi
b.
ELABORASI
§ Masing-masing
kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok
§ Kelompok
lain diberi kesempatan untuk menanggapi
§ Guru
berfungsi sebagai fasilitator
c.
KONFIRMASI
§ Siswa
menyimpulkan hasil diskusi.
§ Guru
memberi penegasan dan melengkapi atau menyempurnakan hasil kesimpulan diskusi.
3.
Kegiatan Penutup
~ Guru menginformasikan bahwa pertemuan
yang akan datang Ulangan Harian.
~ Guru memberikan tugas individu,
menulis tentang sejarah berdirinya sebuah pondok pesantren
~ Guru memotifasi siswa untuk
belajar dirumah.
- Sumber Belajar
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah
dan tradisi.
~ Buku Tahlil dalam prespektif Al
Qur’an dan As Sunnah
~ Buku NU dan Islam di Indonesia,
tinjauan fiqih dalam politik.
- Penilaian
Tes lisan
Tes tertulis
Produk
Pengamatan/observasi PBM
Piyungan, 14 Juli 2010
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Aswaja
Kepala SMP Pembangunan Piyungan
Edi
Nasrodin, S.Ag
Tentrem Widodo,S.hut
0 comments:
Post a Comment
tolong comment yang baek2 aja