CONTOH RPP ASWAJA / KE NU AN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah           : SMP Ma'arif Pembangunan Piyungan
Mata Pelajaran          : ASWAJA
Kelas   / Semester       : VII ( Tujuh ) / Ganjil
Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit  (2xpertemuan)

Standar Kompetensi
  1. Mengenal Pondok Pesantren sebagai cikal bakal berdirinya NU

Kompetensi Dasar
            Mendiskripsikan jati diri Pondok Pesantren.
            Mendiskripsikan hubungan NU dengan Pondok Pesantren.

Indikator
  1. Mendiskripsikan pengertian Pondok Pesantren.
  2. Menceritakan sejarah Pondok Pesantren.
  3. Menunjukkan pola kepemimpinan Pondok Pesantren.
  4. Menyebutkan faham keagamaan yang diajarkan di Pondok Pesantren
  5. Menunjukkan hubungan NU dengan Pondok Pesantren.

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
  1. Menjelaskan pengertian pondok pesantren
  2. Menyebutkan unsur- unsur pokok pondok pesantren.
  3. Menjelaskan sejarah berdirinya pondok pesantren.
  4. Menjelaskan pola kepemimpinan pondok pesantren.
  5. Menjelaskan faham keagamaan yang diajarkan di pondok pesantren.
  6. Menjelaskan hubungan antara NU dengan Pondok Pesantren.

B.     Materi Pembelajaran
Pondok Pesantren

C.    Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Tanya Jawab
-          Penugasan

D.    Langkah-langkah kegiatan

Pertemuan 1
1.      Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan Apersepsi :
-    Memberikan pertanyaan-pertanyaan singkat untuk mengatarkan ke materi pokok dan untuk menggali pengalaman awal siswa,
1.      Pernakah anak-anak mondok ?
2.      Coba anak-anak sampaikan bagaimana kegiatan di pondok pesantren ?

2.      Kegiatan Inti
a.       EKSPLORASI
§  Siswa membaca buku untuk menggali informasi tentang pengertian pondok pesantren, unsur-unsur pondok pesantren.
§  Guru menjelaskan secara singkat tentang pengertian pondok pesantren, dan unsur-unsur pondok pesantren.


b.      ELABORASI
§  Siswa  bertanya tentang hal-hal yang belum jelas atau yang belum dimengerti.
§  Guru memberikan cerita latar belakang berdirinya suatu pondok pesantren  untuk memperdalam dan memperluas pemahaman siswa , seperti tentang sejarah berdirinya pondok pesantren di Indonesia.

c.       KONFIRMASI
§  Guru bertanya pada siswa tentang minat  untuk belajar di pondok pesantren
§  Siswa diajak berdiskusi bersama tentang peran pondok pesantren dalam pengembangan  ajaran Islam di Indonesia.
§  Siswa mencatat hal-hal penting yang terkait dengan sejarah pondok pesantren.

3.      Kegiatan Penutup
~ Guru memberikan pertanyaan untuk mengukur pemahaman siswa
~ Guru memberikan motivasi pada siswa untuk belajar dirumah
~ Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan Apersepsi :
-    Memberikan pertanyaan yang terkait dengan pertemuan kemarin, tentang pengertian pondok pesantren dan unsur-unsur pondok pesantren.
-    Menyampaikan pada siswa tentang kompetensi dasar yang akan dipelajari.

2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§  Siswa membaca buku untuk menggali informasi tentang sejarah berdirinya pondok pesantren di Indonesia.
§   Guru menjelaskan secara singkat tentang sejarah berdirinya pondok pesantren di Indonesia.

b.      ELABORASI
§  Siswa menggali informasi tentang  sejarah pondok pesantren, tokoh perintis berdirinya pondok pesantren dan latar belakang berdirinya pondok pesantren.
§  Guru membantu siswa untuk mengidentifikasi sejarah berdirinya pondok pesantren.
§  Beberapa siswa menyampaikan hasil identifikasi dan siswa yang lain menanggapinya.

c.       KONFIRMASI
§  Siswa dengan dibantu guru menyimpulkan tentang  tokoh perintis berdirinya pondok pesantren, latar belakang berdirinya dan perjalanan sejarahnya dari masa ke masa.

3. Kegiatan Penutup
~ Guru memberi penegasan tentang  sejarah berdirinya pondok pesantren dari masa ke masa.
~ Guru memberi informasi tentang pertemuan yang akan datang adalah diskusi tentang hubungan hubungan antara NU dengan pondok pesantren dan mengingatkan siswa untuk mempelajari dirumah.

Pertemuan 3
1. Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Motivasi dan Apersepsi :
-    Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan pertemuan kemarin, apa yang di maksud pondok pesntren?, siapa tokoh pendiri pertama pondok pesantren? Dll.
-    Memberikan pertanyaan untuk menggali pengalaman siswa tentang kompetensi dasar yang akan disampaikan.

2. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
§  Siswa membaca buku untuk menggali informasi tentang pola kepemimpinan di pondok pesantren dan faham keagamaan yang diajarkan dipondok pesantren
§  Guru menjelaskan secara singkat tentang pola kepemimpinan di pondok pesantren dan faham keagamaan yang diajarkan dipondok pesantren

b. ELABORASI
§  Siswa menggali informasi tentang fungsi dan peran Kyai pada pondok pesantren.
§  Guru membantu siswa untuk mengidentifikasi faham-faham keagamaan yang diajarkan dipondok pesantren.
§  Beberapa siswa menyampaikan hasil identifikasi dan siswa yang lain menanggapinya.

c. KONFIRMASI
§  Siswa dengan dibantu guru menyimpulkan tentang peran Kyai pada pondok pesantren dan faham-faham keagamaan yang diajarkan di pondok pesantren.

3.      Kegiatan Penutup
~ Guru memberi penegasan tentang peran kyai pada pondok pesantren dan faham-faham keagamaan yang diajarkan di Pondok Pesantren.
~ Guru memberi informasi tentang pertemuan yang akan datang adalah diskusi tentang hubungan hubungan antara NU dengan pondok pesantren dan mengingatkan siswa untuk mempelajari dirumah.


Pertemuan 4
1.      Kegiatan Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Membentuk siswa menjadi delapan kelompok untuk berdiskusi.

2.      Kegiatan Inti
a.       EKSPLORASI
§  Setiap kelompok berdiskusi tentang hubungan NU dengan podok pesantren
§  Guru membimbing siswa dalam berdiskusi

b.      ELABORASI
§  Masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok
§  Kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi
§  Guru berfungsi sebagai fasilitator

c.       KONFIRMASI
§  Siswa menyimpulkan hasil diskusi.
§  Guru memberi penegasan dan melengkapi atau menyempurnakan hasil kesimpulan diskusi.


3.      Kegiatan Penutup
~ Guru menginformasikan bahwa pertemuan yang akan datang Ulangan Harian.
~ Guru memberikan tugas individu, menulis tentang sejarah berdirinya sebuah pondok pesantren
~ Guru memotifasi siswa untuk belajar dirumah.

  1. Sumber Belajar
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah dan tradisi.
~ Buku Tahlil dalam prespektif Al Qur’an dan As Sunnah
~ Buku NU dan Islam di Indonesia, tinjauan fiqih dalam politik.

  1. Penilaian
Tes lisan
Tes tertulis
Produk
Pengamatan/observasi PBM



Piyungan,  14 Juli 2010

Mengetahui,                                                                Guru Mata Pelajaran Aswaja
            Kepala SMP Pembangunan Piyungan




Edi Nasrodin, S.Ag                                                       Tentrem Widodo,S.hut

0 comments:

Post a Comment

tolong comment yang baek2 aja